SEIKO : Journal of Management & Business
Vol 6, No 2.1 (2023)

Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Kepuasan Nasabah Di PT. Pegadaian Cabang Sidrap

Ilahi, Andi Alfianto Anugrah (Unknown)
Serang, Serli (Unknown)
Suriyanti, Suriyanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa seberapa besar pengaruh bauran pemasaran terhadap kepuasan nasabah di PT. Pegadaian Cabang Sidrap. Metode Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linear berganda. Dimana metode pengumpulan datanya melalui observasi, kusioner, wawancara dan dokumentasi. Pada hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial untuk variabel Produk (X1) nilai thitung sebesar 4,672 > 1,986 ttabel, menunjukkan bahwa variabel Produk (X1) berpengaruh signifikan secara parsial terhadap variabel Kepuasan Nasabah (Y). Secara parsial variabel Harga (X2) nilai thitung sebesar 1,543 < 1,986 ttabel, menunjukkan bahwa variabel Harga (X2) tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap variabel Kepuasan Nasabah (Y). Secara parsial variabel Promosi (X3) nilai thitung sebesar 1,463 < 1,986 ttabel, menunjukkan bahwa variabel Promosi (X3) tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap variabel Kepuasan Nasabah (Y). Secara parsial variabel Tempat (X4) sebesar 2,159 > 1,986 ttabel, menunjukkan bahwa variabel Tempat (X4) berpengaruh secara signifikan parsial terhadap variabel Kepuasan Nasabah (Y). Secara parsial variabel Orang (X5) nilai thitung sebesar -893 < 1,986 ttabel, menunjukkan bahwa variabel Orang (X5) tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap variabel Kepuasan Nasabah (Y). Secara parsial variabel Proses (X6) nilai thitung sebesar -1,442 < 1,986 ttabel, menunjukkan bahwa variabel Proses (X6) tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap variabel Kepuasan Nasabah (Y). Secara parsial variabel Bukti Fisik (X7) nilai thitung sebesar -2,132 < 1,986 ttabel, menunjukkan bahwa variabel Bukti Fisik (X7) tidak berpengaruh signifikan secara parsial terhadap variabel Kepuasan Nasabah (Y).Secara simultan Fhitung (13,824) > Ftabel (2,11) maka variabel produk, harga, promosi, tempat, orang, proses dan bukti fisik berpengaruh signifikan secara simultan terhadap kepuasan nasabah. Kata Kunci : Bauran Pemasaran, Kepuasan Nasabah, PT Pegadaian

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

seiko

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

The Journal Management & Business (SEJaman) provides a forum for academics and professionals to share the latest developments and advances in knowledge and practice of management business both theory and practices. It aims to foster the exchange of ideas on a range of important management subjects ...