Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan PT. Pos Indonesia (Persero) Cabang Parepare. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan yang melakukan transaksi di PT. Pos Indonesia (Persero) Cabang Parepare dan diambil sampel sebanyak 30 orang pelanggan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kualitas pelayanan (X) berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel kepuasan pelanggan (Y). Kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan dengan hasil koefisien regresi bernilai positif sebesar 0,473. Jika kualitas pelayanan meningkat sebesar 1% maka kepuasan pelanggan akan naik sebesar 0,473. Kemudian dari output tersebut diperholeh koefisien determinasi (R square) sebesar 0,251 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel kualitas pelayanan terhadap variabel kepuasan pelanggan sebesar 25,1%. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan. PT Pos Indonesia
Copyrights © 2023