Conscilience: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Vol 1 No 2 (2023)

PENGEMBANGAN MODUL AJAR KURIKULUM MERDEKA BERBASIS STEM-PBL PADA MATERI STATISTIKA

kurniawati, yeva (Unknown)
Ummah, Sholikatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
20 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul ajar kurikulum merdeka berbasis STEM-PBL pada materi statistika yang layak dari aspek valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini dilakukan pada siswa SMA Assa’adah Bungah pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4D yaitu Define (pendefinisian), Design (perencanaan), Develop (pengembangan), dan Disseminate (penyebaran). Adapun instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian terdiri atas instrumen pengujian kevalidan berupa lembar validasi, istrumen pengujian kepraktisan berupa angket respon guru dan siswa, dan instrumen keefektifan berdasarkan dari hasil asesmen sumatif dan asesmen formatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul ajar yang dikembangkan berdasarkan aspek kevalidan memperoleh skor 3,8 yang termasuk kategori sangat valid. Nilai kepraktisan diperoleh dari angket respon guru dengan skor 3,5 dan angket respon siswa diperoleh skor 3,6 dengan kategori sangat praktis. Selanjutnya, aspek keefektifan dari asesmen sumatif diperoleh skor rata-rata 88,7 yang termasuk kategori efektif. . Kata kunci: Modul Ajar, STEM, Problem Based Learning, Statistika, Kurikulum Merdeka

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jc

Publisher

Subject

Religion Education Engineering Public Health Other

Description

Jurnal Conscilience : jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat merupakan Jurnal dibawah naungan Direktorat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (DPPM) Universitas Muhammadiyah Gresik. Jurnal Conscilience memilki fokus pada hasil penelitian, diseminasi penelitian dan pengabdian dari dosen, ...