Penelitian ini dibuat bertujuan untuk mengembangkan produk media pembelajaran game edukasi matematis bernuansa kreativitas dalam penanaman konsep pecahan yang layak dalam pada kelas V dengan bentuk APK yang dapat digunakan diperangkat Android. Metode penelitian yang digunakan pada pengembangan ini ialah ADDIE. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, validasi ahli, dan angket peserta didik dan didokumentasikan selama penggunaan media game edukasi matematis. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, dan kuisioner/angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pengembangan media game edukasi matematis sudah melalui tiga tahapan yaitu Analysis berupa wawancara yang dilakukan di SD Negeri 24 Pontianak, Design berupa pembuatan tampilan awal dan konsultasi, Development berupa uji coba kelayakan oleh Validator yang terdiri dari 4 orang 2 dosen yang berasal dari STKIP Pontianak dan 2 guru yang masing-masing guru kelas V dan guru komputer, serta pengambilan angket dari peserta didik dengan satu kali percobaan untuk melihat umpan balik. Tingkat kelayakan media yang dikembangkan adalah “Valid” dengan nilai rata-rata 3,22 dan tingkat kelayakan materi yang dikembangkan adalah “Valid” dengan nilai rata-rata 3,00 dan hasil rata-rata angket peserta didik bernilai 87,38% adalah “Sangat Positif”. Kata Kunci : Android, Game Edukasi, Kelayakan Media Game Edukasi Matematis, Media Game Edukasi Matematis, Pengembangan, Penanaman Konsep Pecahan.
Copyrights © 2023