Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 5 (2023): Innovative: Journal of Social Science Research

Pengaruh Pemasaran Online Dan Inovasi Produk terhadap Penjualan pada UMKM Bidang Ritel di Desa Cileungsi – Bogor

Baharsyah, Syamsudin (Unknown)
Nurhasan, Nurhasan (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Oct 2023

Abstract

Pemasaran online dan inovasi produk merupakan dua dari beberapa faktor yang memengaruhi penjualan. Untuk membuktikan adanya pengaruh dari keduanya, maka dilakukan penelitian ini dengan tujuan yaitu untuk mengetahui dan menganalisis pemasaran online dan inovasi produk secara bersamaan terhadap penjualan pada UMKM bidang ritel di Desa Cileungsi-Bogor. Penelitian ini dilakukan di Desa Cileungsi, Kecamatan Cileungsi, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, Indonesia dengan menetapkan responden yaitu para pelaku usaha UMKM bidang ritel. Penelitian ini menggunakan metode non-probability dengan teknik purposive sampling. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah multivariate dengan korelasi atau regresi berganda. Jumlah anggota sampel pada penelitian ini sebanyak 52 responden. Metode pengumpulan data dilakukan dengan meminta para pelaku usaha untuk mengisi kuesioner. Penelitian ini menghasilkan temuan di antaranya pemasaran online dan inovasi produk mempengaruhi sebesar 69,5% terhadap penjualan pada UMKM bidang ritel di Desa Cileungsi-Bogor. Berdasarkan hasil temuan dari penelitian tersebut, maka disarankan agar para pelaku usaha UMKM memperbaiki dan meningkatkan pemasaran online dan inovasi produk.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...