Kemampuan berpikir kreatif matematis merupakan kemampuan matematis dasar yang digunakan untuk menghasilkan solusi yang bervariasi yang bersifat baru terhadap suatu masalah. Kemampuan ini terdiri dari tiga indikator, yaitu kelancaran, kelenturan dan keaslian. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas VIII SMPN 1 Lubuk ALung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif kuantitatif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dengan instrument penelitian berupa soal tes berpikir kreatif. Instrument soal tes dikembangkan melalui kegiatan perancangan soal tes, uji validitas, dan uji coba soal tes. Teknik analisis data menggunakan tabulasi data dan dilanjutkan dengan menentukan kategori tingkat kemampuan berpikir kreatif, menyajikan data, mendiskripsikan data dan menarik kesimpulan dari data yang diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dalam menjawab soal tes kemampuan berpikir kreatif matematis yang berada pada kategori tinggi sebanyak 5 orang siswa dengan persentase 16%, kategori sedang sebanyak 13 orang dengan persentase 40% dan kategori kurang sebanyak 14 orang dengan persentase 44%.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023