Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul ajar berbasis Discovery Learning yang berorientasi pada kemampuan numerasi siswa kelas VII SMP. Modul ajar ini dikembangkan pada materi statistika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan modul ajar berbasis Discovery Learning yang berorientasi pada kemampuan numerasi siswa memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian R&D (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Tahapan model ADDIE yaitu (1) tahap analisis (analysis), (2) tahap desain (design), (3) tahap pengembangan (development), (4) tahap implementasi (implementation), dan (5) tahap evaluasi (evaluation). Data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan analisis statistik deskriptif kuantitatif. Hasil uji kevalidan pada modul ajar menunjukkan rerata skor keseluruhan aspek sebesar 3,54 oleh ahli media dan 3,23 oleh ahli materi dengan kategori valid. Modul ajar memenuhi kriteria kepraktisan dengan hasil rerata penilaian angket respon siswa dan guru mencapai persentase 95% pada kategori sangat praktis. Serta keefektifan modul ajar ditunjukkan pada hasil ketuntasan tes kemampuan numerasi siswa mencapai 97% dengan satu siswa tidak tuntas dari 32 siswa uji coba keseluruhan. Berdasarkan hasil analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa modul ajar berbasis Discovery Learning layak digunakan dalam pembelajaran matematika khususnya pada materi statistika.
Copyrights © 2023