Latar Belakang: Rumah sakit gigi dan mulut merupakan salah satu jenis rumah sakit yang memiliki keunikan tersendiri dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada pasiennya. Rumah sakit Gigi dan Mulut Prof. Dr. Moestopo (Beragama) merupakan salah satu rumah sakit gigi dan mulut di Indonesia yang menawarkan berbagai jenis pelayanan terkait kesehatan gigi dan mulut. Sebagai lembaga pelayanan kesehatan, perusahaan dituntut untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi para pasien dan juga mempertahankan loyalitas pasien. Tujuan: Untuk menjelaskan pengaruh pelayanan,lokasi dan tarif terhadap loyalitas pasien. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian cross-sectional, teknik pengumpulan data melalui kuesioner kepada 80 responden pasien yang telah menjalakan 2 kali perawatan di Rumah Sakit Gigi dan Mulut Prof. Dr. Moestopo (Beragama). Data yang telah dikumpilkan dianalisis dengan bantuan pengolahan data berbasis software SPSS 24.0.Hasil Penelitian: Pelayanan (X1) berpengaruh terhadap Loyalitas Pasien (Y). Lokasi (X2) berpengaruh terhadap Loyalitas Pasien (Y). Tarif (X3) berpengaruh terhadap Loyalitas Pasien (Y). Pelayanan (X1), Lokasi (X2), dan Tarif (X3) berpengaruh terhadap Loyalitas Pasien (Y). Kesimpulan: Loyalitas Pasien (Y) dipengaruhi oleh Pelayanan (X1), Lokasi (X2), dan Tarif (X3).
Copyrights © 2023