Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Know-Want-Learn (KWL) pada siswa kelas sepuluh SMK Swasta Persiapan Pematang Siantar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian quasi eksperimen. Populasinya adalah siswa kelas sepuluh SMK Swasta Persiapan Pematang Siantar yang berjumlah 188 siswa. Sampel penelitian ini dibagi menjadi dua kelas yaitu kelas eksperimen (X-TITL) berjumlah 30 siswa yang menggunakan strategi KWL dan kelas kontrol (X-TKR 2) berjumlah 30 siswa yang menggunakan strategi konvensional. Instrumen pengumpulan data menggunakan pilihan ganda untuk pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata post-test pada kelas eksperimen adalah 73,01 dan rata-rata post-test pada kelas kontrol adalah 65,78. Setelah itu peneliti menemukan bahwa thitung lebih tinggi dari ttabel (1,835 > 1,672) pada tingkat signifikansi 5%. Dari hasil tersebut, dapat dilihat bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan KWL yang digunakan untuk mengajar pemahaman membaca. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi Know-Want-Learn (KWL) secara signifikan meningkatkan kemampuan siswa di SMK Swasta Persiapan Pematang Siantar dalam pemahaman membaca teks recount.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023