Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan dana alokasi khusus dan kompetensi guru terhadap mutu lulusan sekolah di Kabupaten Dharmasraya. Jenis penelitian mengunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex-post facto. Sampel penelitian mencakup kepala sekolah yang mendapatkan bantuan dana alokasi khusus sebanyak 41 sekolah dengan rata-rata masa jabatan kurang dari 5 tahun ada 19 kepala sekolah dan masa jabatan lebih dari 5 tahun ada 22 kepala sekolah serta dalam kualifikasi pendidikan S1 ada 18 kepala sekolah dan kualifikasi S2 ada 23 kepala sekolah. Data dikumpulkan menggunakan kuisioner dengan model skala Likert. Metode analisis data mengunakan analisis Regresi Linier Sederhana dan Analisis Regresi Linier Berganda dengan melakukan pengujian asumsi klasik terlebih dahulu, yaitu uji normalitas data, uji multikoleniaritas, uji heteroskedastisitas, Metode analisis linier berganda dinilai koefisien determinasi, uji t, dan uji f. Hasil penelitian menunjukan adanya pengaruh dana alokasi khusus dan kompetensi guru terhadap mutu lulusan sekolah secara simultan (bersama-sama), X1 dan X2 terhadap Y, setelah mengetahui nilai ttabel dan thitung maka pengujian dilakukan dalam proses yang perlu di uji adalah variabel bebas, berikut hasil pengujian yang dilakukan: Variabel (X1) Diketahui nilai sig Y. 0.001 < 0,05 dan hasil thitung 3,423 > t tabel 1,984 sehingga dapat disimpulkan Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh antara variabel X1 terhadap Y.Variabel (X2) Diketahui nilai sig 0.001 < 0,05 dan hasil thitung 17,674 > t tabel 1.984 sehingga dapat disimpulkan Ha diterima yang berarti terdapat pengaruh antara variabel X2 terhadap Y. Berdasarkan hasil output Anova bahwa nilai ( 11,720 > 2.477) dan nilai Sig. 0,001 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa Ha dapat di terima berarti variabel X1 dan X2 secara simultan mempengaruhi variabel Y. Uji determinasi dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh X1 dan X2 terhadap Y, dari output di atas diketahui nilai Adjusted R Square sebesar 0,211 Nilai ini mengandung arti bahwa pengaruh X1 dan X2 terhadap Y adalah sebesar 21.1 %. Pengaruh dana alokasi khusus dan kompetensi guru terhadap mutu lulusan sekolah secara simultan (bersama-sama), X1 dan X2 terhadap Y maka dapat disimpulkan bahwa Ha dapat di terima berarti variabel X1 dan X2 secara simultan mempengaruhi variabel Y.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023