Innovative: Journal Of Social Science Research
Vol. 3 No. 5 (2023): Innovative: Journal of Social Science Research

Efektivitas Metode Bermain Peran Dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen di Kelas VIII SMP Negeri 1 Galang T.A. 2023/2024

Maharani Sihotang, Ida Wulan (Unknown)
Silalahi, Jojor (Unknown)
Butar-butar, Imelda (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Oct 2023

Abstract

Kegiatan pembelajaran efektivitas metode bermain di SMP Negeri 1 belum menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi. Menurut hasil observasi prasiklus diketahui bahwa aktif dalam peningkatan belajar peseta didik belum termasuk dalam kriteria aktif. Persentase aktif belajar prasiklus pada kriteria sangat aktif adalah 12% (3 orang), pada kriteria aktif adalah 16% (4 orang), kriteria cukup aktif adalah 56% (14 orang), kriteria kurang aktif adalah 16% (4 orang). Rata‐rata aktivitas belajar siswa prasiklus adalah 56% (kriteria cukup aktif). Persentase keaktifan belajar siswa pada kriteria sangat aktif adalah 24% (6 orang), kriteria aktif adalah 24% (6 orang), kriteria cukup baik adalah 36% (9 orang), kriteria kurang aktif adalah 16% (4 orang). Rata‐rata skor keaktifan belajar siswa prasiklus adalah 68 (kriteria cukup aktif). Berdasarkan temuan tersebut perlu adanya metode pembelajaran yang lebih variatif dengan mengutamakan keaktifan siswa dan memberi peluang kepada siswa untuk mengembangkan kemampuan belajarnya secara maksimal. Sesuai dengan permasalahan tersebut maka tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan peningkatan belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Galang dalam meningkatkan keaktifan belajar peserta didik. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa melalui penerapan metode Bermain Peran dapat meningkatkan keaktifan dalam belajar. Rata‐rata aktif belajar siswa pada prasiklus adalah 56,4% (kriteria cukup aktif). Pada siklus I meningkat menjadi 70,8% (kriteria aktif). Pada siklus II kembali meningkat menjadi 80,96% (kriteria sangat aktif). Rata‐rata skor hasil belajar siswa pada prasiklus adalah 68 (kriteria cukup aktif). Pada siklus I meningkat menjadi 73,2 (kriteria aktif). Pada siklus II kembali meningkat menjadi 83,18 (kriteria sangat aktif).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Innovative

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Other

Description

Innovative: Journal Of Social Science Research is a journal managed by Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai which bridges researchers to publish research results in all scientific fields (multidiscipline). This includes the fields of education, health, law, economics, IT (Informatics Engineering), ...