Untuk menjaga akuntabilitas dan keterbukaan dalam tata kelola pemerintahan yang baik adalah pengawasan administrasi publik. Dalam upaya memperkuat pengawasan penyelenggaraan pemerintahan, pemerintah dan masyarakat berkolaborasi dalam hal ini dengan menggunakan platform SP4N-LAPOR. Platform ini menawarkan tempat bagi masyarakat untuk terlibat dalam melaporkan pelanggaran dan kekurangan dalam penyelenggaraan pelayanan publik. Studi ini menyelidiki bagaimana SP4N-LAPOR digunakan di berbagai sektor pelayanan publik dan melihat bagaimana pemerintah menanggapi pengaduan masyarakat. Temuan penelitian ini menunjukkan bagaimana kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat melalui platform SP4N-LAPOR dapat menghasilkan mekanisme pengawasan yang lebih responsif dan meningkatkan standar pelayanan publik. Studi ini juga menguraikan potensi dan kesulitan yang dihadapi dalam memaksimalkan fungsi SP4N-LAPOR sebagai instrumen yang berguna untuk pelibatan masyarakat dalam pengawasan administrasi publik. Hal ini dimaksudkan agar pemerintah dan masyarakat dapat terus meningkatkan kerja sama untuk membangun pemerintahan yang lebih transparan, akuntabel, dan responsif melalui tinjauan menyeluruh terhadap kemitraan ini
Copyrights © 2023