JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah
Vol 8, No 4 (2023): Agustus, Social Religious, History of low, Social Econmic and Humanities

Pengembangan Media Animasi Minnie terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun

Annisa*, Fairuz (Unknown)
Munawar, Muniroh (Unknown)
Prasetiyawati, Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis konten video animasi untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak usia dini, merancang konten animasi yang mendukung kemampuan membaca, serta mengimplementasikan dan mengevaluasi penggunaan konten animasi tersebut dalam pengembangan kemampuan membaca anak usia dini. Model ADDIE digunakan dalam penelitian ini untuk mengembangkan media animasi Minnie yang bertujuan meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (RD). Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penelitian ini berhasil mengembangkan Media Animasi Minnie Terhadap Membaca Permulaan Anak Usia 4-5 Tahun menggunakan aplikasi Power Point. Validasi produk oleh ahli media dan ahli materi menunjukkan tingkat kevalidan yang tinggi. Uji coba lapangan di KB-TK Islam Sultan Agung 02 Semarang juga menghasilkan hasil yang sangat baik, dengan presentase instrumen responden dan observasi anak mencapai kategori "Sangat Baik".

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

sejarah

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

The journal publishes writings on (1) History Education; (2) History of Education; (3) Social Sciences; (4) Social Sciences Education; (5) Sociology Education; (6) Economi; (7) Social Economi; (8) Law, (9) History of Military; (10) Philosophy of History; (11) Historiography; (12) Humanities; (13) ...