Paedagogia: Jurnal Pendidikan
Vol 12 No 2 (2023): PAEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan

An Assessment of the Merdeka Curriculum Program's Effectiveness on History Education at the Penggerak School in Pandeglang

Kariyani, Rina (Unknown)
Andi (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Sep 2023

Abstract

Evaluasi terhadap kurikulum yang dilaksanakan pada setiap sekolah sangat perlu untuk perkembangan pendidikan. Proses evaluasi program kurikulum merdeka bertujuan untuk menganalisis seberapa efektif pelaksanaan kurikulum merdeka dalam pembelajaran sejarah. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan evaluasi CIPP. Subjek pada penelitian ini adalah siswa, guru mata pelajaran sejarah, wakil kepala sekolah bagian kurikulum, wakil kepala sekolah bagian sarana prasarana. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, dengan teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan kurikulum merdeka di SMAN 2 Pandeglang diantaranya: Evaluasi konteks, sudah baik dan sudah sesuai dengan aturan pemerintah. Evaluasi input, sudah cukup dilihat dari perencanaan yang jelas dan mekanisme pembelajaran yang baik, namun sarana prasarana harus dibenahi. Evaluasi proses, persiapan guru sudah dan mekanisme pembelajaran sejarah dalam kurikulum merdeka sudah maksimal, namun terdapat pengurangan jam pelajaran sejarah. Evaluasi produk, hasil belajar sudah sesuai dengan kemampuan siswa, sehingga dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan kurikulum merdeka belajar di SMAN 2 Pandeglang sudah cukup baik dan layak, meskipun terdapat hal yang harus di benahi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pdg

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

FOKUS Fokus jurnal ini adalah upaya mengaktualkan pemahaman yang lebih baik tentang keilmuan dan praktik pendidikan, baik lokal maupun internasional melalui publikasi artikel, laporan penelitian, dan ulasan buku. SKOP Berisi kajian-kajian Pendidikan secara teoritik dan ...