Jurnal Ilmiah NOSI
Vol 11, No 2 (2023): Bahasa, Sastra dan Pembelajarannya Magister Pendidikan Bahasa Indonesia Program

PERENCANAAN BAHAN AJAR TEKS ANEKDOT DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN ABAD 21 PADA KELAS X SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Saefuddin Famsah (Unknown)
Imrotin Imrotin (Unknown)
Sri Wahyuni (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Sep 2023

Abstract

Abstrak : Keterampilan abad 21 merupakan jawaban dunia pendidikan dalam menyambut era industri 4.0. Bahan ajar bahasa Indonesia untuk jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) juga perlu menyesuaikan dengan pendekatan tersebut. Sinkronisasi kurikulum SMK dengan industri tentu membawa keuntungan tersendiri bagi penyusunan bahan ajar teks anekdot khususnya keahlian Animasi. Penelitian pengembangan dengan metode 4D ini berusaha membuat prototipe bahan ajar yang menerapkan keterampilan abad 21 berbantuan Google Sites. Tahapan penelitian terdiri atas riset awal dan pengumpulan informasi, landasan dan perencanaan produk, dan pengembangan format produk. Tahapan pengujian produk tidak dilaksanakan. Guru mengalami kesulitan dalam menuntaskan materi dikarenakan jam pembelajaran sering digunakan untuk kegiatan kejuruan. Penerapan keterampilan abad 21 dalam bahan ajar anekdot sebagai berikut: (1) berpikir kritis (crtitical thinking) diterapkan pada kegiatan mengidentifikasi struktur dan kebahasaan; (2) komunikasi (communication) dilaksanakan dengan mempresentasikan idenya untuk diunggah melalui media sosial; (3) kolaborasi (collaboration) dengan kegiatan berkelompok dalam menulis anekdot berdasar komik strip; dan (4) kreativitas dan inovasi (creativity and innovation) dalam menyusun teks anekdot berdasar komik strip berdasar urutan yang diberikan.Kata kunci: anekdot, bahan ajar, mobile learning, keterampilan abad 21, sekolah menengah kejuruan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

NOSI

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Library & Information Science Other

Description

1. Penelitian linguistik, sosiolinguistik, dan psikolinguistik 2. Analisis wacana 3. Penelitian sastra (teori, kritik, dan sejarah sastra) 4. Keterampilan dan pembelajaran sastra 5. Keterampilan dan pembelajaran bahasa 6. Evaluasi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia 7. Kurikulum pembelajaran ...