Abstrak : Keterampilan abad 21 merupakan jawaban dunia pendidikan dalam menyambut era industri 4.0. Bahan ajar bahasa Indonesia untuk jenjang Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) juga perlu menyesuaikan dengan pendekatan tersebut. Sinkronisasi kurikulum SMK dengan industri tentu membawa keuntungan tersendiri bagi penyusunan bahan ajar teks anekdot khususnya keahlian Animasi. Penelitian pengembangan dengan metode 4D ini berusaha membuat prototipe bahan ajar yang menerapkan keterampilan abad 21 berbantuan Google Sites. Tahapan penelitian terdiri atas riset awal dan pengumpulan informasi, landasan dan perencanaan produk, dan pengembangan format produk. Tahapan pengujian produk tidak dilaksanakan. Guru mengalami kesulitan dalam menuntaskan materi dikarenakan jam pembelajaran sering digunakan untuk kegiatan kejuruan. Penerapan keterampilan abad 21 dalam bahan ajar anekdot sebagai berikut: (1) berpikir kritis (crtitical thinking) diterapkan pada kegiatan mengidentifikasi struktur dan kebahasaan; (2) komunikasi (communication) dilaksanakan dengan mempresentasikan idenya untuk diunggah melalui media sosial; (3) kolaborasi (collaboration) dengan kegiatan berkelompok dalam menulis anekdot berdasar komik strip; dan (4) kreativitas dan inovasi (creativity and innovation) dalam menyusun teks anekdot berdasar komik strip berdasar urutan yang diberikan.Kata kunci: anekdot, bahan ajar, mobile learning, keterampilan abad 21, sekolah menengah kejuruan.
Copyrights © 2023