Objek penelitian ini merupakan siswa beragama Buddha kelas XII SMA0Negeri 1 Donorojo, Kec. Donorojo, Kab. Jepara. Siswa sejumlah 22 orang. Observasi menunjukkan bahwa banyak siswa yang kurang tertib mengikuti Kegiatan Belajar Mengajar mata0pelajaran Agama Buddha. Penelitian ini bermaksud untuk mencari tahu secara teliti seberapajauh peran teman sebaya dalam memberikan pengaruh terhadap kecenderungan atau predisposisi belajar siswa beragama Buddha terhadap mata pelajaran agama Buddha di SMA0Negeri 1 Donorojo, Kec. Donorojo, Kabupaten Jepara. Penelitian0ini menerapkan metode0penelitian0kuantitatif, yang didasarkan pada0paradigma struktural fungsional. Metode analisis yang diterapkan adalah analisis parametrik, digunakan untuk menguji parameter populasi dengan memanfaatkan data sampel dengan tipe data interval atau rasio, serta memiliki distribusi yang normal. Temuan dari analisis data menggunakan persamaan regresi0linier sederhana menunjukkan bahwa nilai R square 0,850. Ini mengindikasikan bahwa sekitar 85,0% dari predisposisi terhadap pembelajaran agama Buddha di SMA Negeri 1 Donorojo dapat dijelaskan oleh pengaruh dari teman sebaya. Sementara itu, sisanya 15% dipengaruhi variabel lain yang tidak termasuk dalam model regresi tersebut.
Copyrights © 2023