Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar
Vol 13, No 1 (2023): Vol 13 Nomor 1 (2023)

Penerapan Model Cooperative Tipe Think Talk Write dalam Peningkatan Hasil Belajar Tematik di Kelas V SDN 37 Anduring

Z, Dilla Ardanti (Unknown)
Hidayati, Hidayati (Unknown)
Dorisno, Dorisno (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2023

Abstract

Judul skripsi ini adalah Penerapan Model Cooperative Tipe Think Talk Write dalam Peningkatan Hasil Belajar Tematik di Kelas V SDN 37 Anduring” ditulis oleh Dilla Ardanti. Z, NIM 1814070105, Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keaktifan peserta didik saat bekerja sama dalam diskusi kelompok, pendidik belum banyak menggunakan variasi model pembelajaran, dan kurang minat peserta didik dalam pembelajaran tematik dilihat dari hasil belajar peserta didik yang tergolong rendah di buktikan dari 27 peserta didik 44,44% peserta didik yang tuntas nilai MID semester ganjil dan 55,56% peserta didik yang tidak tuntas. Tujuan dalam penulisan skripsi ini yaitu (1) untuk mengetahui keefektifan penerapan model Cooperative tipe Think Talk Write dalam meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran tematik kelas V SDN 37 Anduring. (2) untuk mengetahui adanya perbedaan hasil belajar tematik yang menerapkan model Cooperative tipe Think Talk Write dengan yang tidak menerapkan model Cooperative tipe Think Talk Write pada peserta didik kelas V SDN 37 Anduring. Jenis penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan menggunakan desain penelitian Nonequivalent Posttest-Only Control Group Design. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji “t” dengan pengolahan data menggunakan SPSS Versi 28 dan Ms. Excel. Berdasarkan hasil analisis uji t yang dilakukan dengan bantuan SPSS V.28 diperoleh signifikan α (2-tailed) sebesar 0,003, thitung = 3,097 dan ttabel = 2,018 dengan dasar pengambilan keputusan apabila sig α < 0,05 yaitu 0,003 < 0,05 dan thitung > ttabel yaitu 3,097 > 2,018, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang menerapkan model Cooperative Tipe Think Talk Write dengan yang tidak menerapkan model Cooperative Tipe Think Talk Write dan dapat meningkatkan hasil belajar tematik peserta didik Di Kelas V SDN 37 Anduring.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

alawlad

Publisher

Subject

Education

Description

Terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember mulai tahun 2009, setiap volume ada 2 edisi. Berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian dan pemikiran orisinil dibidang pendidikan khusus pendidikan dasar atau madrasah ...