Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil observasi dan pengamatan yang telah peneliti lakukan yaitu rendahnya keaktifan dan hasil belajar matematika siswa. Salah satu alternatif pembelajaran yang diduga dapat mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra eksperimen dengan rancangan penelitian The Static Group Comparison Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII Putri Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek tahun pelajaran 2022/2023. Pengambilan sampel dilakukan secara acak (Random Sampling). Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.15 sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.10 sebagai kelas kontrol. Data keaktifan belajar siswa diperoleh dari angket dan hasil belajar matematika diperoleh dari tes akhir. Berdasarkan analisis data angket keaktifan belajar siswa menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing tergolong pada kriteria sangat aktif dengan persentase 82.40%. Analisis tes akhir dianalisis dengan menggunakan uji-t pada taraf nyata ? = 0.05. Diperoleh harga thitung > ttabel yaitu 2.04 > 1.67, serta dengan menggunakan Software Minitab diperoleh P-value < 0.05, yaitu 0.023 < 0.05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa “hasil belajar siswa yang mengikuti model pembelajaran Snowball Throwing lebih baik daripada hasil belajar siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional di kelas VII Putri Pondok Pesantren Sumatera Thawalib Parabek”.
Copyrights © 2023