Penelitian ini dilatarbelakangi dari rendahnya hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika. Hal ini dilihat dari hasil belajar matematika siswa pada UTS semester I masih 32% siswa yang tuntas, sedangkan 68% siswa lainnya tidak tuntas. Salah satu alternatif pembelajaran yang diduga dapat mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan model pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary). Jenis penelitian ini adalah penelitian pra eksperimen dengan rancangan penelitian The Static Group Comparison Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII Mts Muhammadiyah Bunga Tanjung Tahun Pelajaran 2022/2023. Pengambilan sampel dilakukan secara acak (Random Sampling). Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII.A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.B sebagai kelas kontrol. Data hasil belajar matematika diperoleh dari tes akhir. Berdasarkan analisis data tes akhir yang dianalisis dengan menggunakan uji-t pada taraf nyata ? = 0.05. Diperoleh harga thitung > ttabel yaitu 2.02 > 1.69, serta dengan menggunakan Software Minitab diperoleh = 0.025. Karena < 0.05, yaitu 0.025 < 0.05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa “hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran ROPES (Review, Overview, Presentation, Exercise, Summary) lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional di kelas VII Mts Muhammadiyah Bunga Tanjung tahun pelajaran 2022/2023”.
Copyrights © 2023