Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 6 No. 4 (2023): Volume 6 No 4 Tahun 2023

INOVASI DAN KREATIFITAS GURU DALAM MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN PEMBELAJARAN ABAD 21

Ni Komang Virmayanti (Universitas Pendidikan Ganesha)
I Wayan Suastra (Universitas Pendidikan Ganesha)
I Ketut Suma (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
21 Oct 2023

Abstract

Inovasi adalah suatu ide atau gagasan yang dapat digunakan sebagai pembaharuan untuk mencapai tujuan tertentu yaitu tujuan pendidikan. Sedangkan kreatifitas adalah dimensi kemampuan anak dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni. Melalui inovasi dan kreatifitas seorang guru ini diharapkan kualitas pendidikan akan semakin baik dan terarah. Adanya tuntutan inovasi dan kreatif tersebut menjadikan guru dalam pelaksanaan pendidikan, diharuskan memiliki ide atau gagasan yang dapat digunakan untuk memecahkan permasalahan pendidikan. Guru memiliki pengaruh besar terhadap proses pembelajaran, apalagi di masa saat ini atau dikenal dengan pembelajaran abad 21 dimana pembelajarannya berbasis teknologi informasi untuk mengembangkan keterampilan 4C siswa yaitu Critical Thinking and Problem Solving (berpikir kritis dan menyelesaikan masalah), Creativity (kreativitas), Communication Skills (kemampuan berkomunikasi), dan Ability to Work Collaboratively (kemampuan untuk bekerja sama). Dengan demikian, inovasi dan kreatifitas dalam pendidikan merupakan hal yang penting dan harus dilakukan agar dunia pendidikan bisa terus berkembang dan berjalan sesuai dengan perkembangan zaman.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...