Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 6 No. 4 (2023): Volume 6 No 4 Tahun 2023

PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN FORMAL ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS IV DI DESA BERANGBANG

Ni Luh Heppy Yesiana Devi (Universitas Pendidikan Ganesha)
I Wayan Suastra (Universitas Pendidikan Ganesha)
I Ketut Suma (Universitas Pendidikan Ganesha)



Article Info

Publish Date
21 Oct 2023

Abstract

Berdasarkan pengamatan di SD Negeri 2 Berangbang, terdapat anak-anak berprestasi yang orang tuanya memiliki tingkat pendidikan formal tergolong rendah. Oleh karena itu, peneliti tertarik melakukan penelitian tentang pengaruh tingkat pendidikan orang tua (ibu) terhadap prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tingkat pendidikan formal orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas IV di Desa Berangbang. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV di Desa Berangbang yang terdiri dari 5 rombel dari 5 sekolah dasar dan sampel penelitian diambil dari seluruh populasi yang berjumlah 109 siswa. Data diambil dari data identitas siswa dan nilai raport siswa semester 2 pada tahun ajaran 2022/2023. Data dianalisis menggunakan analisis Chi Square dengan bantuan SPSS 25 for Windows. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data tingkat pendidikan formal orang tua dan prestasi belajar siswa kelas IV sekolah dasar di Desa Berangbang terdapat kecenderungan siswa memiliki prestasi belajar dengan katagori sangat rendah dan katagori rendah pada orang tua dengan tingkat pendidikan SD dan SMP. Sementara itu, terdapat kecenderungan siswa dengan tingkat pendidikan orang tua SMA dan S1 memiliki prestasi belajar dalam katagori cukup hingga katagori sangat tinggi. Hal ini dapat dilihat dari hasil perhitungan Chi-Square dengan bantuan SPSS 25 for Windows yang menunjukkan nilai asymp sig 0,000<0,05. Hal ini berarti bahwa terdapat pengaruh yang signifikan tingkat pendidikan formal orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas IV sekolah dasar di Desa Berangbang pada tahun ajaran 2022/2023.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...