Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh peran kepala sekolah, disiplin kerja, dan kepuasan kerja terhadap mutu sekolah dasar di Kecamatan Kedungtuban Kabupaten Blora. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode survey kausalitas pengaruh antara variabel bebas dan variabel terikat. Populasi penelitian ini adalah seluruh guru Sekolah Dasar di Kecamatan Randublatung yang berjumlah 264 orang dengan sampel sebanyak 159 guru. Hasil penelitian: (1) terdapat pengaruh yang signifikan peran kepala sekolah terhadap mutu sekolah yang dinyatakan dengan persamaan regresi sederhana ? = 20,200 + 0,569X dengan kontribusi sebesar 56,6%; (2) terdapat pengaruh yang signifikan disiplin kerja terhadap mutu sekolah yang dinyatakan dengan persamaan regresi sederhana ? = 17,725 + 0,802X dengan kontribusi sebesar 63,5%; (3) terdapat pengaruh yang signifikan kepuasan kerja terhadap mutu sekolah yang dinyatakan dengan persamaan regresi sederhana ? = 20,961 + 0,741X dengan kontribusi sebesar 58,0%; dan (4) terdapat pengaruh yang signifikan peran kepala sekolah, disiplin kerja, dan kepuasan kerja terhadap mutu sekolah yang dinyatakan dengan persamaan regresi berganda ? = 12,714 + 0,168X1 + 0,482X2 + 0,136X3 dengan kontribusi sebesar 65,0%.
Copyrights © 2023