MODELING: Jurnal Program Studi PGMI
Vol 10 No 3 (2023): September

Implementasi Evaluasi Kurikulum Sekolah (Studi Kasus Sekolah Dasar di Kota Semarang)

Nada, Ana Quthratun (Unknown)
Prastowo, Andi (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2023

Abstract

Kegiatan evaluasi kurikulum sebagai bagian penting dalam manajemen kurikulum wajib di laksanakan oleh setiap satuan Pendidikan. Pengetahuan dan pemahaman sekolah mengenai konsep dan implementasi evaluasi kurikulum memiliki pengaruh dalam menjamin keberhasilan evaluasi kurikulum. Tujuan dari penelitian ialah untuk mendeskripsikan proses evaluasi kurikulum pada jenjang pendidikan dasar di Kota Semarang, ditinjau dari beberapa aspek, yaitu pemahaman sekolah terhadap konsep dan urgensi evaluasi kurikulum, model evaluasi, dimensi evaluasi kurikulum, kebutuhan sekolah untuk kegiatan evaluasi kurikulum. Penelitian menggunakan metode penelitian studi kasus. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri X di Kota Semarang. Informan penelitian terdiri atas kepala sekolah, waka kurikulum dan guru. Pengumpulan data dengan wawancara. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum sekolah telah memahami konsep dan urgensi evaluasi kurikulum di sekolah

Copyrights © 2023