Covid-19 telah mengakibatkan proses belajar mengajar yang semula dilakukan tatap muka menjadi pembelajaran jarak jauh. Kebijakan ini bertujuan untuk mengurangi dan mencegah penularan Covid-19. Proses pembelajaran jarak jauh diterapkan mulai dari tingkat dasar hingga tingkat perguruan tinggi. Pada tingkat sekolah dasar, proses pembelajaranjarak jauh dilakukan secara virtual dengan memanfaatkan media online seperti whatsapp, google classroom, hingga video conference seperti zoom. Berdasarkan Hasil observasi yang dilakukan mengenai kondisi siswa SD ketika belajar daring membuat siswa mudah marah dan menjadi malas. Fenomena ini mengindikasikan “Zoom Fatigue” yang mulai dialami oleh anak sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis fenomena “Zoom Fatigue” yang dialami oleh anak sekolah dasar dengan menggunakan pendekatan studi literatur yang memanfaatkan penelitian-penelitian terdahulu sebagai referensi dan melakukan kompilasi serta analisis untuk mendapatkan informasi mengenai “Zoom Fatigue” pada anak sekolah dasar. Hasil dari penelitian ini dipaparkan secara deskriptif dengan menjawab persoalan-persoalan “Zoom Fatigue” pada anak sekolah dasar. Hasil dari penelitian ini dapat menjadi referensi bagi sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran jarak jauh yang diterapkan.
Copyrights © 2023