Jurnal Bina Ilmu Cendekia
Vol. 2 No. 2 (2021): Jurnal Bina Ilmu Cendekia

Upaya Kampoeng Batara Dalam Peningkatan Kesejahteraan Masyarakat

Desy Ayu Susilowati (Unknown)
Dhalia Soetopo (Unknown)
Tofan Priananda Adinata (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan: 1). Untuk mengetahui awal munculnya Kampoeng Batara. 2). Untuk mengetahui perekonomian masyarakat di Lingkungan Papring sebelum adanya Kampoeng Batara dan setelah adanya Kampoeng Batara. 3). Untuk mengetahui upaya Kampoeng Batara dalam meningkatkan perekonomian masyarakat Papring. Dengan teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi (observasi), teknik wawancara (interview) dan dokumentasi. Penelitian ini berbentuk penelitian kualitatif menggunakan sampel total atau populasi sebagai obyek dari Kampoeng Batara. Dari hasil penelitian sebagai berikut: 1). Kampoeng Batara (Kampoeng Baca Taman Rimba) merupakan tempat edukasi bagi masyarakat Papring. Berdiri pada tanggal 10 Oktober 2015. Awal mulai berdirinya kegiatan yang diajarkan hanyalah membaca, menulis, menggambar, dan menghitung. Tetapi seiring berjalannya waktu banyak orang-orang tepelajar yang tidak hanya sekedar datang tetapi berperan penting juga dengan mengikuti kegiatan di Kampoeng Batara. 2). Perkembangan Kampoeng Batara, sebagai berikut: a). Bermula hanya bertujuan untuk memperkenalkan pontensi alam terhadap masyarakat sekitar di Lingkungan Papring. b). Mulai memperkenalkan Kampoeng Batara di media sosial dan mendapatkan respon yang baik terhadap masyarakat di luar daerah Papring. c). Menjadi tempat edukasi dalam bidang pendidikan maupun ekonomi, bahkan mejadi distribusi bagi pengrajin di Lingkungan Papring. d). Meningkatkan perekonomian masyarakat di Lingkungan Papring, Kecamatan Kalipuro, Kelurahan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jbic

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Jurnal Bina Ilmu Cendekia yang bertujuan untuk memfasilitasi para siswa, guru, dosen, praktisi pendidikan dan peneliti untuk mempublikasikan karya ilmiah mereka baik berupa reveiw literasi, penelitian, pengabdian dalam bidang pendidikan, Teaching and Learning,Curriculum Development Learning ...