Jurnal Didactical Mathematics
Vol. 5 No. 2 (2023): Oktober 2023

Pembelajaran Berdiferensiasi dengan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kreativitas Matematis Siswa Kelas X

Sekar Kinanthi (Universitas Muhammadiyah Purworejo)
Erni Puji Astuti (Universitas Muhammadiyah Purworejo)
Riawan Yudi Purwoko (Universitas Muhammadiyah Purworejo)



Article Info

Publish Date
14 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran berdiferensiasi dengan Problem Based Learning (PBL) pada pembelajaran matematika dan mengetahui peningkatan kreativitas matematis siswa melalui penerapan pembelajaran berdiferensiasi dengan Problem Based Learning (PBL). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi angket, observasi, dan tes. Data dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa observasi kreativitas matematis siswa selama pembelajaran matematika berlangsung pada siklus I mencapai persentase sebesar 74,08%. Sedangkan, pada siklus II mencapai 82,72% dengan kategori baik sehingga pada siklus II telah terjadi peningkatan sebesar 8,64%. Selanjutnya, hasil tes kreativitas matematis pada akhir siklus I mencapai persentase sebesar 75,52% dengan kategori cukup. Setelah adanya perbaikan, diperoleh hasil tes akhir siklus II yang telah memenuhi indikator keberhasilan dalam penelitian ini yang mencapai persentase sebesar 82,47% dengan kategori baik dan terjadi peningkatan sebesar 6,95%. Maka, berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi dengan Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kreativitas matematis siswa kelas X.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

dm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

The scope of scientific articles that can be published in Jurnal Didactical Mathematics are as follows: Mathematics Education and Teaching, Method / Model / Strategy for Learning Mathematics, Media and Multimedia Learning Mathematics, Curriculum in Mathematics Teaching, Assessment and Evaluation in ...