Jurnal Didactical Mathematics
Vol. 5 No. 2 (2023): Oktober 2023

Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa SMP Pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel

Farah Yulistia (Universitas Singaperbangsa Karawang)
Nita Hidayati (Universitas Singaperbangsa Karawang)



Article Info

Publish Date
14 Oct 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP pada materi sistem persamaan linier dua variabel. Pendekatan penelitian dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Subyek atau tempat penelitian dalam penelitian ini adalah dilaksanakan di salah satu SMP Negeri di Kabupaten Bekasi sebanyak 25 siswa kelas VIII-8. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah probability sampling dengan teknik simple random sampling. Instrumen penelitian dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan instrumen tes yang terdiri dari 6 soal yang menjelaskan materi sistem persamaan linier dua variabel dengan mengikuti pendoman rubik penilaian. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model Miles and Huberman yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data, secara keseluruhan persentase rata-rata hasil belajar siswa sebesar 42% termasuk dalam kriteria sedang. Dapat disimpulkan bahwa, hanya sedikit siswa yang dapat menyatakan ulang konsep yang telah dipelajarinya. Berikutnya, hampir semua siswa yang dapat mengklasifikasikan objek-objek berdasarkan konsep matematika. Selain itu, hampir separuh siswa yang dapat menerapkan konsep secara algoritma dan memberikan contoh dan kontra contoh dari konsep yang dipelajari. Kemudian, separuh siswa yang dapat menyajikan konsep dalam berbagai representasi. Dan yang terakhir, hanya sedikit siswa yang dapat mengaitkan berbagai konsep matematika secara inetrnal atau eksternal.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

dm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

The scope of scientific articles that can be published in Jurnal Didactical Mathematics are as follows: Mathematics Education and Teaching, Method / Model / Strategy for Learning Mathematics, Media and Multimedia Learning Mathematics, Curriculum in Mathematics Teaching, Assessment and Evaluation in ...