Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Bagaimana Kinerja Pegawai Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan di Kantor Kelurahan Leato Utara Kecamatan Dumboraya Kota Gorontalo (2) Faktor-Faktor Yang Menentukan Kinerja Pegawai Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan di Kelurahan Leato Utara Kecamatan Dumboraya Kota Gorontao. Metode penelitian ini Menggunakan deskriptif kualitatif karena penelitian ini mengeksplor fenomena kinerja pegawai kelurahan dalam Meningkatkan Kualitas pelayanan publik di Kelurahan Leato Utara. Teknik pengumpulan data ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan analisis data dimulai dari pencatatan, reduksi, display, verifikasi sampai penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kinerja pegawai dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik pada kantor kelurahan Leato Utara pada aspek kualitas kerja pegawai masih belum optimal dari segi penampilan, kemampuan, daya tanggap, disiplin, dan tanggung jawab. Dan pada kuantitas kerja juga perlu ditingkatkan karna di samping pengerjaan sesuai SOP harus juga cepat pada penyelesaianya. Dan pada aspek ketepatan waktu seharusmya memaksimalkan waktu dalam berkerja sehingga mampu menyelesaikan pekerjaan yang menjadi tugas dan pokok pekerjaan. Dan faktor faktor yang menentukan kinerja pelayanan yang dilihat dari ketersediaan sarana dan prasarana (komputer, printer,) yang harus dibenahi. Dan sumber daya manusia yang ada di kantor kelurahan Leato Utara masih harus di tingkatkan lewat bimtek yang di selengarakan. Kata Kunci : kinerja pegawai, kualitas, pelayanan publik
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023