Buletin Ilmiah Pendidikan
Vol. 2 No. 2 (2023)

Penerapan Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Terhadap Sikap Sosial Siswa Pada Pembelajaran IPS

Indah Karunia, Chindy (Unknown)
mahpudin, mahpudin (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aplikasi model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) terhadap sikap sosial siswa Sekolah Dasar. Metode penelitian pada penelitian ini menggunakan metode SLR (Systematic Literature Review). Pengumpulan data dilakukan dengan meriview semua artikel terkait penggunaan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) yang diterbitkan dalam kurun waktu 2018-2022. Artikel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 15 artikel yang di peroleh dari DOAJ dan google scholar dengan menggunakan aplikasi Publish or Perish. Pengujian dalam penelitian ini dimaksudkan untuk mendapatkan dan menganalisis beberapa model pembelajaran VCT terhadap sikap sosial anak SD. Hasil penelitian ini meliputi lima belas artikel yang direview berdasarkan referensi, metode penelitian, dan intervensi. Kesimpulan yang dicapai dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) meningkatkan aspek nilai agama, ketaatan beribadah, toleransi, kedisiplin, rasa peduli terhadap teman, diskusi dan memiliki rasa tanggung jawab untuk menyelesaikan tugas dengan tepat waktu, meneladani kepahlawanan dan patriotisme tokoh-tokoh di lingkungannya, dan motivasi belajar terhadap sikap sosial siswa Sekolah Dasar

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

bip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Buletin Ilmiah Pendidikan (BIP), with ISSN 2964-5506, is open access and peer-reviewed scholarly journal published Papanda. This Journal is published twice a year. This publication is available online through open access. The purpose of this journal publication is to disseminate new theories and ...