Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keterlaksanaan dan keefektifan WEB PBL terhadap peningkatan kemampuan literasi sains dan kemampuan berfikir kritis pada pembelajaran biologi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei sampai bulan Juni 2023. Metode penelitian menggunakan R&D (Research and Development) dengan populasi seluruh kelas X MIPA MAN 7 Tasikmalaya sebanyak 4 kelas dengan jumlah peserta didik sebanyak 140 orang. Sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yang diambil secara simple random sampling yaitu kelas X MIPA-3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA-3 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menjukan 1) WEB PBL dapat meningkatkan kemampuan berfikiri kritis siswa dengan menggunakan uji t dependen untuk pretest dan postest di dapatkan nilai thitung = -23,78 dan ttabel = 1,20 sehingga kesimpulan hipotesis yang di dapat ada peningkatan, 2) WEB PBL dapat meningkatkan kemampuan literasi sains siswa dengan menggunakan uji t dependen untuk pretest dan postest di dapatkan nilai thitung = -34,31 dan ttabel = -2,04 sehingga kesimpulan hipotesis yang di dapat ada peningkatan, 3) WEB PBL layak digunakan berdasarkan hasil validasi ahli IT dan ahli materi pembelajaran, serta respon siswa yang menunjukan respon positif terhadap penggunaan WEB PBL. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan keterampilan literasi sains dan keterampilan berfikir kritis siswa yang menggunakan WEB PBL pada materi system saraf di MAN 7 Tasikmalaya, serta WEB PBL mampu memberikan fasilitas bagi siswa dalam melaksanakan pembelajaran, dalam hal investigeasi, menuangkan gagasan, meningkatkan kemampuan birifikir dan memecahkan masalah.
Copyrights © 2023