Pengabdian masyarakat di Desa Tugubandung, Kabupaten Sukabumi bertujuan untuk mempromosikan wisata melalui digital marketing. Hal ini dikarenakan para pelaku UMKM di Desa Tugubandung masih melakukan pemasaran produk berupa objek wisata dan produk UMKM secara tradisional. Metode yang dilakukan pada pengabdian masyarakat ini yaitu berupa penyuluhan mengenai pariwisata dan digital marketing yang dapat meningkatkan pemahaman masyarakat dalam hal promosi objek wisata dan produk UMKM secara digital. Desa Tugubandung memiliki potensi wisata yang besar berupa alam dan segala sumber dayanya, hasil alam ini dimanfaatkan menjadi produk-produk yang diolah di industri rumahan seperti produk teh rosella, makanan rengginang, enye, dan sebagainya. Pemasaran yang masih bersifat tradisional kurang mendukung potensi wisata yang dimiliki daerah ini, sehingga digitalisasi pemasaran sangat diperlukan untuk menyangga potensi wisata tersebut dan memungkinkan desa ini menjadi desa wisata di masa yang akan datang. Penyuluhan dilakukan dengan cara pemberian informasi terkait produk seperti packaging, dan cara memasarkan produk di beberapa platform digital seperti WhatsApp bisnis, dan media sosial lainnya.
Copyrights © 2023