Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan
Vol 9 No 18 (2023): Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan

PENERAPAN METODE DISKUSI KECIL DALAM MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA

Silmin Kaffah Daeli (Unknown)
Nestin Wantalenta Gulo (Unknown)
Agnes Renostini Harefa (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Sep 2023

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran alam disebabkan oleh model pendidikan tradisional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi keefektifan model pembelajaran Think Talk Write dengan dialog kelompok kecil terhadap peningkatan kinerja siswa dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write sebagai model pendidikan yang berbeda dengan metode ceramah. Pengamatan yang dilakukan dalam penelitian ini dibuat dalam bentuk model pendidikan Think Talk Write. Siswa diajarkan berpikir melalui kegiatan membaca, berdiskusi melalui kegiatan diskusi, menulis pendapat, prestasi, dan melalui kegiatan menulis hasil diskusi, metodologi, dalam penelitian ini atau penelitian kualitatif atau deskriptif. Hasil tes belajar siswa digunakan sebagai instrumen penelitian, sehingga hasil penelitian ini menunjukkan keefektifan siswa dengan menggunakan metode diskusi kecil.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIWP

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan (JIWP) Diterbitkan sebagai upaya untuk mempublikasikan hasil-hasil penelitian dan temuan di bidang pendidikan . Jurnal ini terbit 4 bulanan, yaitu bulan April, Agustus dan Desember. *Ruang Lingkup* Memuat hal kajian, analisis, dan penelitian tentang perancangan, ...