AbstrakPenelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir relasional mahasiswa ketika menyelesaikan soal matematika pada materi fungsi polinomial berdasarkan tahap proses berpikir pada teori Mason. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes proses berpikir relasional yang berupa soal mengenai fungsi polinomial dan wawancara. Pemilihan subjek penelitian menggunakan strategi maximal variation sampling, yaitu dengan mencari sampel kasus atau individu yang memiliki perbedaan dalam hal karakteristik. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat tiga karakteristik mahasiswa yang berbeda dalam menyelesaikan soal yang diberikan, yaitu dengan menggunakan teorema faktor, teorema sisa, dan metode subtitusi dan eliminasi. Mahasiswa yang menggunakan teorema faktor dan teorema sisa ketika menyelesaikan soal melakukan aktivitas berpikir relasional dengan mengajukan dugaan penyelesaiannya. Sedangkan mahasiswa yang menggunakan metode subtitusi dan eliminasi ketika menyelesaikan soal belum dapat berpikir relasional. Kesimpulan yang diperoleh adalah proses berpikir relasional yang dimiliki setiap mahasiswa dalam menyelesaikan soal fungsi polinomial berbeda satu sama lain, proses berpikir relasional juga dapat mempengaruhi hasil dari pengerjaan mahasiswa tersebut.AbstractThis research is a descriptive qualitative research that aims to describe students' relational thinking process in solving mathematics problems of polynomial function material based on the thought process stages of Mason's theory. The research data was harvested from written questions and interviews. The selection of research subjects used a maximal variation sampling strategy, namely by looking for samples of cases or individuals who had differences in terms of characteristics. The research results obtained are that there are three different characteristics of students in solving the given problems, namely by using the factor theorem, the remainder theorem, and the substitution and elimination methods. Students who use the factor theorem and the remainder theorem when solving problems carry out relational thinking activities in proposing their alleged solutions. Meanwhile, students who use the substitution and elimination methods when solving problems have not been able to think relationally. The conclusion obtained is that each student's relational thinking process in solving problem polynomial function problems is different from one another, the relational thinking process can also affect the results of the student's work.
Copyrights © 2023