AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika
Vol 12, No 3 (2023)

KEMAMPUAN NUMERASI SISWA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH KONTEKSTUAL BERDASARKAN KECERDASAN LOGIS-MATEMATIS

Asfa Milati (Universitas Muhammadiyah Malang)
Baiduri Baiduri (Universitas Muhammadiyah Malang)
Arif Hidayatul Khusna (Universitas Muhammadiyah Malang)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan numerasi siswa dalam menyelesaikan masalah kontekstual berdasarkan kecerdasan logis-matematis, mengetahui ada atau tidaknya pengaruh kecerdasan logis-matematis dengan kemampuan numerasi. Jenis penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini yaitu 81 siswa kelas VII di SMP N 8 Malang. Instrumen yang digunakan dalam peneitian ini yaitu soal tes kemampuan numerasi dan kecerdasan logis-matematis. Teknik analisis data menggukan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis regresi linear sederhana untuk mengetahui pengaruh kecerdasan logis-matematis terhadap kemampuan numerasi. Uji prasyarat dilakukan dengan uji normalitas, uji linearitas dan uji heterokedatisitas sebagai syarat dari analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian menunjukkan persentase ketuntasan kemampuan numerasi siswa indikator (1) siswa dengan kecerdasan logis-matematis kategori tinggi sebesar 84,05%, sedang 71,45%, rendah 40%. Indikator (2) siswa dengan kecerdasan logis-matematis kategori tinggi sebesar 67,85%, sedang 21,45%, rendah 20%. Indikator (3) siswa dengan kecerdasan logis-matematis kategori tinggi sebesar 80,5%, sedang 14,2%, rendah 30%. Selain itu, terdapat pengaruh positif kecerdasan logis-matematis terhadap kemampuan numerasi sebesar 40,2% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

matematika

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

AKSIOMA JOURNAL, e-ISSN: 2442-5419, p-ISSN: 2089-8703 is an information container has scientific articles in the form of research, the study of literature, ideas, application of the theory, the study of critical analysis, and Islāmic studies in the field of science Mathematics Education. AKSIOMA ...