Permasalahan dari penelitian ini yaitu penguasaan kosakata anak usia dini yang masih terbatas karena metode pembelajaran yang diterapkan oleh guru kurang variatif sehingga anak jenuh dalam kegiatan pembelajaran dan menyebabkan kemampuan bahasa khususnya penguasaan kosakata pada anak usia dini berkembang kurang optimal. Penelitian ini berdasar pada teori metode read aloud, read aloud adalah kegiatan membaca yang dilakukan dengan suara lantang atau nyaring. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan metode pembelajaran yang diterapkan guru dalam mengembangkan kemampuan penguasaan kosa kata pada anak dan untuk menggambarkan penerapan metode read aloud menggunakan literasi digital untuk meningkatkan kemampuan penguasaan kosakata pada anak. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Adapun instrumen yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis dengan tahap reduksi, display dan verifikasi. Temuan penelitian ini adalah metode pembelajaran yang diterapkan pendidik dalam mengembangkan kemampuan penguasaan kosakata pada anak, dan efektivitas penerapan metode read aloud menggunakan literasi digital terhadap kemampuan penguasaan kosakata pada anak. Kesimpulan dari temuan tersebut adalah bahwa penerapan metode read aloud menggunakan literasi digital sangat efektif dalam men
Copyrights © 2023