Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP
Vol 4, No 3 (2023)

Penerapan Model Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Matriks di Kelas XI

Noresti, Izka (Unknown)
Lusiana, Lusiana (Unknown)
Silalahi, Tina Mora (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Nov 2023

Abstract

Hasil belajar peserta didik menunjukkan keberhasilan suatu proses pembelajaran. Untuk mendapatkan hasil belajar yang baik diperlukan tindakan yang tepat untuk mengatasi jika terdapat permasalahan yang menyebabkan rendahnya hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi matriks dengan menggunakan model Problem Based Learning di kelas XI 3 SMA Methodist 2 Palembang. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas dengan mengikuti siklus Kemmis McTaggart yang setiap siklusnya terdiri dari empat tahapan yaitu rencana, tindakan, observasi, dan refleksi yang dianalisis secara kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI 3 SMA Methodist 2 Palembang yang berjumlah 30 orang. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar peserta didik yang ditunjukkan dari nilai rata-rata hasil belajar peserta didik pada siklus I adalah 67,33 dengan ketuntasan klasikal 46,67% dan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik pada siklus II adalah 84,27 dengan persentase ketuntasan klasikal 90%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPPG

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran adalah jurnal ilmiah yang menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian, studi mendalam, pemikiran kreatif, inovatif atau karya-karya dalam pendidikan, pengajaran. Fokus jurnal adalah karya inovatif yang terkait dengan pengembangan media pembelajaran, ...