Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh latar belakang pendidikan, pengalaman, dan kompetensi tutor terhadap mutu pembelajaran anak usia dini pada latar kelompok bermain di Kota Bandung. Untuk mengkaji masalah ini digunakan teori Perkembangan dari Hurlock (1991), teori mutu layanan jasa dari Berry dan Parasuraman (1991), Kualifikasi pendidikan dan pengalaman berdasarkan pada PP No. 19/2005 tentang Standar Nasional Pendidikan, dan teori kompetensi dari Johnson (Makmun, 1996) serta PP No. 19/2005 tentang Standar Nasional Pendidikan Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Subjek penelitian adalah 30 orang tutor Kober. Untuk mengumpulkan data penelitian digunakan kuesioner, observasi, dan tes. Teknik pengumpulan datanya dilakukan dengan komunikasi langsung dimana peneliti langsung berhadapan dengan responden penelitian. Data penelitian diolah secara kuantitatif dengan menggunakan statistik. Hipotesis penelitian diuji dengan menggunakan teknik korelasi dan regresi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa latar belakang pendidikan formal tutor berpengaruh positif terhadap mutu layanan pembelajaran. Pengalaman mengajar berpengaruh positif terhadap mutu layanan pembelajaran. Kompetensi tidak berpengaruh terhadap mutu layanan pembelajaran. Kendati demikian, mutu layanan pembelajaran ditentukan secara bersama-sama oleh latar belakang pendidikan, pengalaman mengajar, pengalaman mengikuti pelatihan, dan kompetensi tutor. Namun, mutu layanan pembelajaran tidak berpengaruh signifikan terhadap tumbuh kembang anak. Kata Kunci: Kompetensi, Pembelajaran, Anak Usia Dini
Copyrights © 2010