Penelitian ini membahas tentang hubungan hasil pelatihan dan kompetensi tutor dengan kinerja pada program pendidikan kesetaraan paket C di SKB Kabupaten Lahat Sumatera Selatan. Tujuan penulisan ini untuk memperoleh gambaran tentang hubungan antara hasil pelatihan dan kompetensi tutor dengan kinerja tutor dalam pengelolaan pembelajaran pada pendidikan kesetaraan Paket C. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan antara hasil pelatihan dan kompetensi tutor dengan pengelolaan pembelajaran. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik proportionate stratified random sampling. Analisis data menggunakan rumus korelasi sederhana, korelasi ganda dan regresi sederhana serta regresi gandaBerdasarkan hasil penelitian tersebut hipotesis yang diajukan diterima semua maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara hasil pelatihan dan kompetensi tutor dengan pengelolaan pembelajaran. Kata kunci: Hubungan, hasil pelatihan, kompetensi, pengelolaan pembelajaran
Copyrights © 2010