Artikel ini untuk mendeskripsikan Civic intelligence dalam good citizenship melalui pembelajaran PPKn di SMP Negeri 2 Belitang III berikut kendala dan solusinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain deskriptif, karena peneliti ingin mendeskripsikan suatu permasalahan secara mendalam. Informan dalam penelitian ini berjumlah tiga orang yaitu kepala sekolah, guru mata pelajaran PPKn, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa observasi, wawancara serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi (Huberman dan Miles) meliputi pengumpulan data, reduski data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan penguatan civic intelligence dalam good citizenship melalui pembelajaran PPKn melalui metode antara lain pengajaran di dalam kelas, keteladanan, outing class, penugasaan, pengontrolan, serta hukuman (punishment) dan penghargaan (reward). Berikut Kendala adalah berasal dari peserta didik itu sendiri yaitu kurangnya kesadaran diri dan motivasi diri dalam peserta didik serta adanya pengaruh dari teman sebaya. Solusi yang dilakukan adalah antara lain guru sebegai teladan atau contoh bagi peserta didik, guru sebagai fasilitator, guru sebagai motivator, serta pemberian punishment dan reward.Dengan adanya penelitian ini diharapkan mampu menjadi referensi bagi penelitian selanjutnya dan bisa dikembangkan menjadi lebih sempurna.
Copyrights © 2023