Tujuan relevansi yaitu terpenuhinya semua kebutuhan pengguna. Mengingat belum adanya pemetaan materi kurikulum secara komprehensip antara MK Bodi Otomotif, MPPKTPBO dengan UKK TPBO standar BSNP. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian evaluasi dengan pendekatan discrepancy evaluation model. Fokusnya untuk mengukur adanya perbedaan antara yang seharusnya dicapai dengan yang sudah dicapai. Subyek dan tempat penelitian adalah SMKN 8 Bandung, DTM UPI dan dokumen BSNP. Temuan penelitian ini yaitu: materi MK Bodi Otomotif belum relevan terhadap materi MPPK TPBO di SMK 8 Bandung. Materi MK Bodi Otomotif belum relevan terhadap materi UKK TPBO standar BSNP. Materi MPPK TPBO sudah relevan terhadap materi UKK standar BSNP. Sekuen antara ketiga materi tersebut telah dipetakan.
Copyrights © 2015