Penelitian bertujuan untuk mendapatkan gambaran secara empirik tentang keterkaitan antara persepsi tentang kepemimpinan kepala SKB dan motivasi berprestasi pamong belajar dengan kinerja pamong belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional yakni untuk menentukan derajat keterkaitan antara variable bebas (X) dengan variable teriket (Y). Populasi penelitian adalah pamong belajar yang ada di SKB se provinsi Gorontalo dengan populasi terjangkau pada SKB Kota Gorontalo, SKB Kabupaten Bone Bolango, dan SKB Kabupaten boalemo, sebanyak 60 orang responden (sampel total).Hasil temuan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut, 1) terdapat keterkaitan positif antara persepsi tentang kepemimpinan kepala SKB dengan kinerja pamong belajar, 2) terdapat keterkaitan positif antara motivasi berprestasi dengan kinerja pamong belajar, 3) terdapat keterkaitan positif antara persepsi tentang kepemimpinan kepala SKB dan motivasi berprestasi secara bersama-sama dengan kinerja pamong belajar. Implikasi penelitian ini adalah bahwa motivasi berprestasi dan persepsi tentang kepemimpinan merupakan hal penting dalam meningkatkan kinerja. Kata Kunci: Kepemimpinan, Motivasi Berprestasi, Kinerja, dan Pamong Belajar.
Copyrights © 2012