Jurnal Pendidikan Luar Sekolah
Vol 8, No 1 (2012): Jurnal Pendidikan Luar Sekolah

KETERKAITAN ANTARA PERSEPSI TENTANG KEPEMIMPINAN KEPALA SKB DAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN KINERJA PAMONG BELAJAR SKB DI PROVINSI GORONTALO

Juliana Saidi (Dinas Pendidikan Provinsi Gorontalo)



Article Info

Publish Date
04 Apr 2012

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendapatkan gambaran secara empirik tentang keterkaitan antara persepsi tentang kepemimpinan kepala SKB dan motivasi berprestasi pamong belajar dengan kinerja pamong belajar. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif korelasional yakni untuk menentukan derajat keterkaitan antara variable bebas (X) dengan variable teriket (Y). Populasi  penelitian adalah pamong belajar yang ada di SKB se provinsi Gorontalo dengan populasi terjangkau pada SKB Kota Gorontalo, SKB Kabupaten Bone Bolango, dan SKB Kabupaten boalemo, sebanyak 60 orang responden (sampel total).Hasil temuan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut,  1) terdapat keterkaitan positif antara persepsi tentang kepemimpinan kepala SKB dengan kinerja pamong belajar, 2) terdapat keterkaitan positif antara motivasi berprestasi dengan kinerja pamong belajar, 3) terdapat keterkaitan positif antara persepsi tentang kepemimpinan kepala SKB dan motivasi berprestasi secara bersama-sama dengan kinerja pamong belajar. Implikasi penelitian ini adalah bahwa motivasi berprestasi dan persepsi tentang kepemimpinan merupakan hal penting dalam meningkatkan kinerja. Kata Kunci: Kepemimpinan, Motivasi Berprestasi, Kinerja, dan Pamong Belajar.

Copyrights © 2012