Penelitian ini berangkat dari hasil survey dan observasi, bahwa selama ini di Provinsi Gorontalo belum ada penelitian dampak pelatihan bagi tutor, khususnya tutor Paket B. Peningkatan mutu tutor sebagai tenaga pendidik merupakan upaya yang “urgent” untuk mendukung terwujudnya program pendidikan nonformal yang bermutu dan berdaya saing. Tutor merupakan bagian yang strategis dan merupakan kunci dari keberhasilan peningkatan mutu pembelajaran yang diharapkan. Mengacu pada kebutuhan akan pendidik di lingkungan pendidikan nonformal, maka salah satu startegi peningkatan mutu tutor yakni melalui pelatihan kompetensi tutor. Hasil pelatihan kompetensi berhubungan dengan sejauh mana kemanfaatan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang didapat tutor selaku peserta pelatihan dan bagaimana implementasinya di lapangan. Untuk menjawab permasalahan tersebut pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan model analisis deskriptif korelasional. Pendekatan yang dikembangkan didasarkan pada latar belakang permasalahan dan hipotesis yang diajukan. Responden adalah seluruh tutor Paket B yang telah mengikuti pelatihan kompetensi di BPKB Provinsi Gorontalo sejumlah 30 orang. Dari hasil penelitian terungkap bahwa hasil pelatihan kompetensi tutor berupa penguasaan pengetahuan, sikap, dan keterampilan kompetensi tutor berpengaruh signifikan terhadap peningkatan mutu pembelajaran pada program Paket B. Kata Kunci: Hasil Pelatihan, Kompetensi Tutor, Mutu Pembelajaran.
Copyrights © 2011