Penelitian ini berawal dari kenyataan di Sekolah bahwa pembelajaran penjasorkes sering mendapat kendala, yaitu mulai dari memodikasi bentuk pembelajaran penjasorkes sampai pada pembelajaran yang tidak berjalan efektif dikarenakan kurangnya pemahaman Guru terhadap materi. Kurangnya Sarana dan prasarana merupakan bagian dari kendala yang ada pada pembelajaran penjasorkes, karena dengan adanya kelengkapan sarana dan prasarana akan memperlancar proses pembelajaran begitu juga sebaliknya jika sarana dan prasarana kurang, pembelajaran penjasorkes bisa terhambat, melihat hal tersebut peniliti mencoba melakukan penelitian khusus di bagian sarana dan prasarana. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penyediaan Sarana dan Prasarana Penjasorkes di SMA Negeri Se-kota Sungai Penuh sesuai Standar Nasional Pendidikan.Jenis penelitian ini bersifat deskriptif, yang bertujan untuk mengungkapkan sesuatu apa adanya. Populasi penelitian ini adalah SMA Negeri di Kota Sungai Penuh. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling, yang mana keseluruhan populasi digunakan sebagai sampel penelitian yaitu terdiri dari 20 orang guru Penjasorkes dari 5 (Lima) SMA Negeri di Kota Sungai Penuh. Teknik pengumpulan data berupa pembagian angket kepada responden untuk melihat apakah penyediaan Sarana dan Prasarana Penjasorkes di SMA Negeri Kota Sungai Penuh sudah mencukupi sesuai Standar Nasional Pendidikan.Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif dengan formula P=F/N X 100%. Dari hasil penelitian terlihat bahwa Penyediaan Sarana dan Prasarana Penjasorkes SMA Negeri Se-kota Sungai Penuh sesuai Standar Nasional Pendidikan rata-rata 55,22% dan 48, 35%, dapat disimpulkan dengan menggunakan skala likers bahwa rata-rata dari 41-60% tergolong pada Kategori Cukup, maka dapat dikatakan bahwa SMA Negeri Se-kota Sungai Penuh tergolong pada Kategori Cukup. Hal ini disebabkan karena di SMA Negeri 2, SMA Negeri 3, SMA Negeri 4 dan SMA Negeri 5 banyak sekali sarana dan prasarana yang tidak layak pakai atau rusak.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023