Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran peningkatan hasil belajar siswa pada materi ajar solid editing kompetensi dasar membuat gambar 3 dimensi dengan menggunakan multimedia model tutorial dibandingkan dengan siswa yang menggunakan handout pada proses pembelajarannya. Penelitian ini dilakukan pada siswa SMK Negeri 12 Bandung menggunakan metode penelitian kuasi exsperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII kompetensi keahlian kontruksi rangka pesawat udara, kelas eksperimen mendapatkan pembelajaran dengan multimedia model tutorial dan kelas kontrol mendapatkan pembelajaran dengan media handout. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata pre-test kelas kontrol berada pada nilai 26 dan kelas eksperimen 30. Data tersebut menunjukan kedua kelas memiliki nilai rata-rata di bawah KKM. Hasil post-test pada kelas kontrol nilai rata-ratanya berada pada nilai 58  sedangkan kelas eksperimen nilai rata-ratanya berada pada nilai 90. N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,87 dan kelas kontrol sebesar 0,43. Multimedia model tutorial lebih mampu meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan dengan media handout. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan multimedia model tutorial efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi ajar solid editing kompetensi dasar membuat gambar 3 dimensi
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2015