Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul matematika yang berbasis etnomatematika untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep siswa yang berkualitas berdasarkan aspek kevalidan, kepraktisan dan kefektifan. Penelitian ini termasuk dalam penelitian pengembangan dengan menggunakan tipe pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Swasta Santa Maria Kabanjahe yang berjumlah 30 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul matematika berbasis etnomatematika telah berhasil dikembangkan yang berkualitas dari aspek kevalidan kepraktisan, dan keefektifan. Hasil validasi ditunjukkan dari validitas isi oleh pakar ahli yang menyatakan “modul dapat digunakan tanpa revisi” dan validitas modul dinyatakan “valid”. Kepraktisan dilihat dari angket respon peserta didik tahap one to one sebesar 70%, respon guru sebesar 81,25% dan kelas kecil sebesar 91,66%, ketiga hasil tersebut menunjukkan besaran skor lebih dari 50% responden memberikan respon positif. Keefektifan dilihat dari ketuntasan belajar klasikal sebesar 93,33%, ketercapaian indikator sebesar 92%, 87%, 96%, 77%, dan 89% untuk tiap indikator dan respon siswa positif sebesar 92%.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023