Jurnal Pendidikan Nonformal
Vol 18, No 2 (2023): September 2023

Pola Asuh Orang Tua Terhadap Perkembangan Karakter dan Kecerdasan Anak Usia Dini Melalui Program Parenting

Rannu, Debora (Unknown)
Yunitasari, Septiyani Endang (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2023

Abstract

Pola asuh orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan karakter dan kecerdasan anak usia dini. Program parenting menjadi salah satu upaya untuk membantu orang tua dalam mengembangkan pola asuh yang positif dan efektif bagi anak-anak mereka. Tantangan terberat adalah orang tua diperhadapkan pada perkembangan teknologi yang memberikan akses lebih terbuka dan bebas terhadap pola asuh anak. Kebanyakan orang tua lebih memilih anak untuk berinteraksi dengan gadget atau tablet sebagai cara untuk mendorong anak dalam mengakses konten-konten melalu media sosial atau bermain game. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis pola asuh orang tua yang dapat mempengaruhi perkembangan karakter dan kecerdasan anak usia dini melalui program parenting. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif dalam mendeskripsikan secara mendalam objek yang diteliti. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan software NVIVO dengan untuk menganalisis secara mendalam pola asuh orang tua terhadap anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua yang menerapkan pola asuh otoritatif memberikan batasan yang jelas kepada anak, namun juga memberikan kebebasan dan dukungan dalam mengembangkan kemandirian dan kemampuan anak. Melalui program parenting, orang tua dapat belajar untuk mengembangkan pola asuh otoritatif yang dapat mempengaruhi perkembangan karakter dan kecerdasan anak usia dini.

Copyrights © 2023