Dalam proses pembelajaran bahasa Korea untuk Calon Pekerja Migran Indonesia (CPMI) tujuan Korea saat ini tidak hanya dilaksanakan secara tatap muka saja, tetapi juga dilakukan secara daring melalui berbagai media atau aplikasi pembelajaran. Namun demikian, media atau aplikasi pembelajaran bahasa Korea yang ditujukan untuk pemahaman materi latihan soal bahasa Korea berbasis Employment Permit System-Test of Proficiency in Korean (EPS-TOPIK) Computer Basic Test (CBT) belum dikembangkan. Oleh karena itu, tujuan pengembangan Aplikasi EPS-TOPIK CBT berbasis website diharapkan dapat menjadi salah satu solusi dan kemajuan di bidang teknologi informasi yang berpengaruh dalam pembelajaran dan pemahaman kebahasaan Korea EPS TOPIK CBT. Sehingga kemudahan, manfaat, sikap, dan keinginan dalam menggunakan aplikasi EPS TOPIK CBT berbasis website ini dapat mendukung kelulusan ujian EPS-TOPIK CBT sesungguhnya. Metode penelitian ini dilakukan secara kuisioner dalam variabel pertanyaan model Technology Acceptance Model (TAM) secara deskriptif. Pengaruh penggunaan EPS TOPIK CBT berbasis website ini oleh CPMI mendapatkan jawaban yang positif atau kesetujuaan, baik dari segi kemudahan penggunaan teknologi, manfaat yang didapat saat menggunakan aplikasi ini, penambahan dalam pemahaman materi bahasa Korea EPS TOPIK, dan keinginan untuk terus menggunakan aplikasi ini ke depannya. Dengan harapan tujuan untuk lolos ujian EPS TOPIK CBT sesungguhnya dapat tercapai. Kata Kunci: eps topik cbt, bahasa Korea, cpmi
Copyrights © 2024