Jurnal Citizenship Virtues
Vol. 3 No. 2 (2023): Nilai-nilai Budaya Lokal Dan Implementasi Dalam Pembelajaran Modern

Nilai-nilai Keislaman dalam Sistem Kepercayaan Sunda Wiwitan Suku Baduy Banten

Suidat Suidat (STKIP Arrahmaniyah)
Dian Ekawati (STKIP Arrahmaniyah)
Kokom Komala (STKIP Arrahmaniyah)
Yuyun Yunengsih (STKIP Arrahmaniyah)
Muhammad Adrea Dwi Prastiko (STKIP Arrahmaniyah)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini mengulas nilai-nilai Keislaman dalam Sistem Kepercayaan Sunda Wiwitan suku Baduy di Banten. Pendekatan kualitatif digunakan untuk memahami realitas sosial dengan lebih mendalam. Penelitian berfokus pada analisis sistem kepercayaan Baduy dengan penekanan pada unsur-unsur Islam yang memengaruhinya. Untuk memastikan validitas data, teknik triangulasi sumber dan teori digunakan, meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Lokasi penelitian adalah Desa Kanekes, Kabupaten Lebak, Banten, dipilih karena masyarakat Baduy di sana masih kuat menjalankan tradisi adat mereka. Sistem kepercayaan Sunda Wiwitan Baduy memperlihatkan pengaruh Islam dalam beberapa aspek. Ini mencakup fenomena sinkretisme keagamaan, pengaruh budaya dan lingkungan, adaptasi terhadap aturan Islam, serta penyerapan nilai dan etika Islam dalam pandangan mereka. Sistem kepercayaan Baduy mengakui satu Tuhan yang disebut sebagai "Gusti Nu Maha Suci Allah Nu Maha Kuasa," serta malaikat dan nabi-nabi termasuk Nabi Adam dan Nabi Muhammad. Hal ini mencerminkan kompleksitas kepercayaan agama mereka. Penelitian ini memberikan wawasan tentang bagaimana masyarakat Baduy memadukan unsur-unsur Keislaman dalam Sistem Kepercayaan Sunda Wiwitan mereka, menciptakan dinamika unik antara tradisi adat dan agama Islam.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

citizenshipvirtues

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences

Description

Jurnal Citizenship Virtues is a multi-disciplinary national academic publication with internet access followed by peers qualified to disseminate state-of-the-art knowledge in education, teaching development, instructional projects and inventions, learning methodologies, and new technologies in the ...