Jurnal Aplikasi Sistem Informasi dan Elektronika
Vol 3, No 2 (2021): JASIE

APLIKASI P.O.S (POINT OF SALES) DENGAN FITUR NOTIFIKASI PIUTANG MELALUI E-MAIL DAN WHATSAPP (STUDI KASUS: TOKO FENDYMART BONDOWOSO)

Savira Ainun Mardyah Wijayantoro (Universitas Muhammadiyah Jember)
Habibatul Azizah Al Faruq (Universitas Muhammadiyah Jember)
Amalina Maryam Zakiyyah (Universitas Muhammadiyah Jember)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2023

Abstract

Toko Fendymart merupakan salah satu toko retail di Bondowoso yang menjual berbagai jenis barang seperti sembako, peralatan rumah tangga, kebutuhan sehari – hari, makanan ringan, minuman kaleng, es krim, sayur – mayur hingga bumbu dapur. Permasalahan yang sering terjadi di Toko Fendymart yaitu piutang pelanggan yang gagal dibayar, tercatat pada bulan Juni sampai bulan Juli 2021 ada sekitar 10 orang pelanggan yang memiliki piutang dan tidak dapat tertagih sesuai dengan batas jatuh tempo hal ini dikarenakan tidak ada pengingat untuk pembayaran piutang sesuai jatuh tempo, tentu hal tersebut dapat membuat kerugian bagi Toko Fendymart. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah aplikasi P.O.S (Point Of Sales) dengan fitur notifikasi piutang melalui e-mail dan whatsapp dengan harapan dapat membantu Toko Fendymart. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi sudah sesuai dengan kebutuhan dan dapat digunakan untuk kegiatan operasional di Toko Fendymart serta fitur notifikasi piutang juga telah membantu meningkatkan terbayarnya piutang pelanggan sesuai dengan jatuh tempo dengan peningkatan sebesar 18.51 % dari sebelum adanya aplikasi.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JASIE

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Journal of Information Systems and Electronics Applications is a media publication of scientific work in the field of electronics technology and information systems which can be in the form of analysis, development, or technology applications in that ...