Jurnal Pengabdian Kolaborasi dan Inovasi IPTEKS
Vol. 1 No. 5 (2023): Oktober

SOSIALISASI STRATEGI PELAKSANAAN LITERASI SEKOLAH DALAM MEMPERKUAT BUDAYA BACA SISWA DI SMAN 1 MANNA BENGKULU SELATAN

Kusmiati, Reni (Unknown)
Paulina, Yanti (Unknown)
Mahdijaya, Mahdijaya (Unknown)
Zakaria, Jelita (Unknown)



Article Info

Publish Date
16 Oct 2023

Abstract

Gerakan Literasi Sekolah adalah program yang bertujuan untuk meningkatkan minat siswa dalam membaca. Hasil studi pendahuluan dengan guru dan siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN )1 Manna Kabupaten Bengkulu Selatan bahwa meskipun Gerakan Literasi Sekolah sudah dilaksanakan, namun kemampuan membaca siswa masih memerlukan penguatan, karena itu dilakukan sosialisasi tentang strategi pelaksanaan literasi sekolah dalam memperkuat budaya baca siswa. Tujuan pelaksanaan sosialisasi ini memberi pemahaman kepada guru tentang bagaimana memperkuat budaya baca melalui pelaksanaan literasi sekolah yang nantinya akan menghasilkan perubahan positif yang berdampak positif pada prestasi akademik, pemberdayaan siswa, dan pengembangan budaya literasi di sekolah dalam jangka panjang. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan pengabdian masyarakat ini yaitu sosialisasi melalui kegiatan penyuluhan dengan memberikan edukasi langsung terkait pemaparan konsep, pendekatan, teknik, strategi pelaksanaan literasi sekolah, melakukan dialog interaktif dan metode FGD (Forum Group Discussion). Metode ini melibatkan guru-guru dari SMAN 1 Manna dari berbagai disiplin ilmu yang berjumlah 24 orang. Kegiatan pengabdian terkait sosialisasi mengenai strategi literasi sekolah dalam memperkuat budaya baca siswa di SMAN I Manna Bengkulu Selatan berjalan baik dan lancar, kepala sekolah dan guru memahami bagaimana memperkuat budaya baca siswa. Sosialisasi ini memungkinkan adanya peningkatan minat baca siswa, siswa lebih antusias untuk membaca buku dan materi bacaan lainnya, memungkinkan akses siswa terhadap berbagai jenis buku dan materi bacaan di perpustakaan sekolah atau melalui kegiatan peminjaman buku meningkat, adanya peningkatan hasil belajar siswa, terutama dalam mata pelajaran yang memerlukan kemampuan membaca dan pemahaman yang baik, dan guru mungkin akan memperbaiki strategi pengajarannya

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JPKI2

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Kolaborasi dan Inovasi IPTEKS (JPKI2) adalah jurnal nasional yang berisi hasil-hasil kegiatan pengabdian Kolaborasi dan Inovasi IPTEKS berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya Ekonomi, Hukum,Teknik, kedokteran, Pertanian, Keguruan dan Ilmu Pendidikan,Ilmu Sosial dan Ilmu ...